My Story : Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap I

It’s been awhile yaa… hehe bukan karena sok sibuk atau gak ada koneksi internet, tapi beberapa waktu belakangan ini agak males nulis 😛 Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya mengikuti proses perekrutan Local Staff (LS) KBRI/ KJRI yang diadakan Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

Awalnya sih hanya karena penasaran sama prosesnya, karena beberapa teman saya udah berhasil melewati proses yang panjang, kebetulan waktu itu juga agak stuck sama kerjaan, jadi bulan Juli 2015 saya mencoba mengirimkan CV beserta application letter ke Biro Kepegawaian Kementerian Luar Negeri RI di jalan Taman Pejambon No. 6,  Jakarta Pusat.

Gak sampe sebulan setelah mengirimkan CV, saya dapet email dari Pak Rizal (kayaknya dia koordinator untuk seleksi LS) yang menyatakan saya lulus tahap administrasi, dan diundang dateng untuk tes tahap I, yaitu tes Pengetahuan, tes Bahasa Inggris dan tes Komputer pada tanggal 11-12 Agustus 2015. Tes tahap I ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama tes Pengetahuan dan Bahasa Inggris. Sedikit bocoran nih tes Pengetahuan ini banyak ditanyain mengenai pelajaran jaman SD or SMP, kayak apa kepanjangan P4, siapa pendiri Kebun Raya Bogor, politik luar negeri Indonesia, bukunya Bung Hatta, dan ada juga mengenai berita terkini seperti apa saja aspek MEA, Al Quran tertua baru ditemukan dimana, dan masih banyak lagi hehe… gak semuanya saya bisa juga sih, tapi kalo gak bisa mendingan tetep di jawab aja lah. Disini harus pinter-pinter memanfaatkan waktu karena hanya dikasih 50 menit.

Setelah istirahat setengah jam, langsung dilanjutkan dengan tes ke 2, Bahasa Inggris. Nah kalo yang ini saya lebih PD hehe.. disini ada tes pilihan ganda (grammar, pilihan kata) kalo kita lulus UAN harusnya sih aman hehe.. terus ada sesi translate artikel dari bahasa Indonesia ke English, dan sebaliknya. Tes ini juga durasinya 50 menit.

Untuk yang punya keahlian bahasa asing selain English atau keahlian IT, harus mengikuti wawancara tambahan. Nah ini ada poin plusnya, karena mereka yang punya keahlian ini kemungkinan akan lebih diutamakan dibandingkan yang hanya bisa English. Tapi kalo di wawancara ini kalian gak bisa maksimal ya justru malah bisa jadi boomerang juga..

Besoknya, saya datang untuk tes Komputer. Menurut saya ini tes paling mudah hehe… kita diminta mengerjakan Microsoft Office saja. Jadi kayak mengetik di M. Word, bikin presentasi di PPT, sama rumus-rumus sederhana di Excel. Cincailaah hehe…

Setelah selesai semua, pengumuman kelulusan akan dikirimkan via email sekitar 2 minggu ke depan. Beruntung saya juga sudah bekerja, jadi nunggu 2 minggu bukan hal yang lama karena fokus saya gak hanya ke perekrutan ini, tapi juga ke pekerjaan yang lagi banyak2nya… (hehe sok sibuk). Let’s see ya saya masuk atau engga 😛

 

LIHAT JUGA :

Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap II

Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap III


2 thoughts on “My Story : Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap I

Leave a comment