My Story : Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap III

Alhamdulillah saya lulus lagi ke seleksi #localstaff tahap II guys!!!  Setelah pas 2 minggu dari tes tahap II, saya dikirimin email undangan untuk mengikuti tes tahap selanjutnya, yippiiee!!

Another tiket PP Surabaya-Jakarta-Surabaya lagi ni berati.. sempet agak jiper juga si, secara gak murah kan yaa… tapi yaweslah daripada penasaran hajar terus aja..kalo rejeki kan ga kemana 😛

Konon katanya ini adalah wawancara terakhir dari proses perekrutan, ada juga yang bilang kalo sudah masuk tahap ini sudah bisa dipastikan lulus dan di tahap ini sudah ada penawaran penempatan dari pihak Kemlu.

Tanggal 16 September 2015 jam 1.30 adalah jadwal saya untuk wawancara terkahir. Kalau 2 tes sebelumnya diadakan di Pusdiklat Kemlu di Jalan Sisingamangaraja, kali ini tes tahap III ini diadakan di Gedung Kemlu di Jalan Taman Pejambon. Ternyata tes ini juga dibagi menjadi 3 panel, yang masing-masing panel berisi 3 orang pewawancara dari pihak Kemlu.

Saya masuk ke ruang panel untuk interview tahap III dengan perasaan nothing to lose sebenarnya, karena apapun yang terjadi kalau pun saya gak lulus tahap ini ya saya tinggal meneruskan hidup saya dengan pekerjaan yang cukup menyenangkan di Surabaya hehe…

Di dalam, saya diberondong berbagai macam pertanyaan, dimulai dengan pertanyaan dengan bahasa Indonesia hingga ada satu pewawancara yang meminta saya untuk menjawab in English. Pertanyaan yang diajukan seputar kehidupan pribadi, pekerjaan saya sekarang, seberapa jauh kita tahu mengenai pekerjaan #localstaff, apakah bisa nyetir mobil, dan yang paling menarik adalah ketika mereka mulai menanyakan apakah saya mau ditempatkan di perwakilan manapun. Sebenarnya teman saya sudah wanti-wanti untuk bilang “Yes, I’m ready to all options”, tapi saya memilih untuk menjawab “I’m not going for third World’s countries or conflicted ones”, yah daripada sekarang saya bilang siap tapi tau2 ditawarin di Iran, saya juga mikir beribu-ribu kali kalo mau berangkat. Mendengar jawaban saya mereka sih cuma ngangguk2 sambil menjelaskan kalo cewek hampir gak mungkin ditaro di negara konflik.

Terus mereka tiba-tiba nanya “Gimana kalo di negara xxxx?” (maaf ya saya rahasiain negara ini dulu, secara belum keluar hasilnya sampai detik saya nulis ini). Wooooo… gak pernah kepikiran sih sebelumnya, yang ditawarkan adalah salah satu negara terkaya di dunia yang bukan negara maju dan berada di Asia. Secara saya udah terlanjur bilang open dengan semua option kecuali negara berkonflik dan negara dunia ketiga, jadi saya bilangnya sih, “I’m open to it, yet I have to browse more about it myself”.  Saya sempet nanya kenapa perwakilan tersebut yang “diandai2kan” ke saya, mereka bilang kualifikasi saya cocok dengan yang dibutuhkan disana. Oke, jadi mereka memang mencocokan kualifikasi para peserta dengan kebutuhan perwakilan, so that’s how they decide where to post #localstaff.

Lagi-lagi mereka menjanjikan 2 minggu kedepan untuk pengumumannya. Belum jelas juga sih apakah itu pengumuman lulus atau tidaknya, atau pengumuman penempatan. Hmmm tapi kayaknya masih long way to go prosesnya.. so let’s see 🙂

 

#localstaff #pegawaisetempat #teskementerianluarnegeri

 

LIHAT JUGA :

Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap I

Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap II


39 thoughts on “My Story : Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap III

  1. hi..saya tertarik juga jadi local staff cuman waktu ada pemanggilan, emailnya baru kebuka jadi rencana mau apply lagi nih, bagaimana tahapan selanjutnya?terima kasih

    1. Apply aja..banyak perwakilan yang masih buka post setau aku.. Kirim aja application letter dan keperluan lain untuk melamar pada umumnya, plus fotokopi SIM A (sekarang kayaknya yang diprioritasin yg punya SIM A) ke Kementerian Luar Negeri yang di Jalan Pejambon No. 6, Jakarta dengan UP nya Biro Kepegawaian (lantai 6). Goodluck ya!!

  2. boleh tau setelah tes terakhir , apakah ada tes berikutnya, atau harus mengikuti diklat atau tes kesehatan gitu? jika ada tes kesehatan apakah anda tau tes kesehatan apa saja yang harus dilakukan, mohon infonya, terima kasih. saya tertarik,

    1. Hi Robert, sori banget baru bales hehe.. biasanya setelah tes terakhir (ke-3) dari Kemlu (kalo kita lolos) pihak perwakilan akan menghubungi kita untuk sekedar short interview atau long interview. Kebetulan kalo di Bandar Seri Begawan tim kepegawaiannya cukup “senang” menginterview..waktu itu saya di interview via skype (teleconference) selama 1 jam dgn 6 HS yang masing2 udah nyiapin 3-5 pertanyaan hehe.. interviewnya pake bahasa Indonesia kok, cm dtgah2 mereka sempet ngetes bahasa inggris saya dengan melontarkan pertanyaan2 dlm bhs inggris dan jawabannya jg hrs dlm bhs inggris.

      Sebelum brgkt Kemlu ngadain Diklat selama seminggu untuk ngasih gambaran ttg perwakilan spy ga kaget kitanya. Hanya untuk posisi admin biasanya setelah diklat akan ada pendidikan ttg aplikasi onile dan offline selama 6 minggu. Untuk tes kesehatan, Kemlu mengharuskan setiap calon LS untuk medical check up (MCU) di RS milik pemerintah sebelum berangkat (ini bisa setelah diklat selesai). Good luck ya!!

  3. mohon infonya dong mba apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan cv sebagai local staff,
    lalu dikirim ke mana alamat resminya, apakah bisa via email atau harus via pos ??.

    buat artikel juga dong mba suka duka menjadi local staff.

    1. Hi nanang, sori banget baru dibales… untuk persyaratan administrasi layaknya ngirimin lamaran kerja (CV, surat lamaran, fotokopi ijazah, fotokopi sertifika2 lainnya, fotokopi KTP, fotokopi SIM A, foto), denger2 SIM A udah jadi keharusan jadi kalo belum punya ngurus dulu aja.. kalo saran saya sih lamarannya dikirim via pos aja ke Biro Kepegawaian Kementerian Luar Negeri RI di jalan Taman Pejambon No. 6, Jakarta Pusat. Siipp ditunggu yah postingan saya selanjutnya tentang suka duka jadi LS hehehehe… Good luck!

      1. terima kasih mba atas informasinya, saya mau coba peruntungan jadi local staff, baru banget kemarin saya dapet email penolakan dari kemenlu untuk lamaran saya ke KBRI Wellington karna yang mereka butuhkan tenaga IT yang sudah punya izin tinggal disana,

  4. Halo kak. Perkenalkan nama saya Mutiara. Saya baru saja lulus sarjana 1 di salah satu PTS di Yogyakarta. Sudah dua tahun lalu pengen ngincer kerjaan yg ada kaitannya sama kedutaan gitu. Yah sebagai batu loncatan fresh graduated buat nyari pengalaman. Kak mau nanya, kalau ngelamar LS gitu langsung kirim surat lamaran ke kemenlu ya?
    Oh ya saya juga udah cari kesana kesini syaratnya. Apakah ada syarat lain selain syarat2 di bawah ini?
    Surat lamaran, CV, 1 lembar fotocopy Ijazah terakhir, kalo ada yang di legalisir, Fotocopy transkrip nilai, Pas foto: 4X6, 3 lembar, Fotocopy KTP, Fotocopy sertifikat bahasa, TOEFL dll, Fotocopy SIM A, kalo ada.
    Tolong dibalas ya kak.
    Terimakasih.

    1. Hai Mutiara.. sori banget baru bales, baru buka blog lagi hehe… iya untuk persyaratan administratif awal seperti yang kamu sebutin (walaupun saya dulu ga pake ftokopi sertifikat bahasa hehe), dan denger2 sih untuk SIM A udah jadi keharusan. Karena LS diharuskan bisa nyetir mobil walaupun nantinya pas udah di perwakilan blm tentu kita akan nyetir sih, tapi kudu bisa in case diperluin. Jadi kalo ga ada SIM A kemungkinan gugur di tahap seleksi administrasi. kalo belum punya mending diurus dulu aja.. Good luck yaah 😀

      1. Bisa nyampe bandar seri begawan itu yg milih kakak sendiri atau dipilihin oleh pihak kemenlu? Artinya jika kita daftar LS, nggak bisa pilih2 negara penempatan sesuka kita ya kak?
        Oh ya kak, wawancaranya dilakukan tiap bulan apa ya? Atau bisa terbuka sewaktu-waktu??
        Saya mau coba masukin lamarannya dulu aja deh.

      2. Kemlu yang milihin negara postingan yang sesuai dengan kualifikasi kita. Kebetulan background saya banyak di bidang kreatif dan budaya dan saat itu KBRI BSB sedang membutuhkan staff untuk fungsi sosbud jadi Kemlu merasa sesuai saya diposting ke BSB. Untuk proses tes biasanya setahun 2x, periode I awal tahun dan peridoe ke II seinget saya bulan agustus. Kalau memang memenuhi persyaratan administrasi kapanpun kamu ngelamar pasti dipanggil di periode terdekat 😀 Semangaaatt!!!

      3. Berarti waktu menulis surat lamaran, juga perlu disebutkan background yang ditekuni ya kak?
        Lalu bedanya local staff sama lowongan pekerjaan yg dikeluarkan langsung oleh kedutaan besar apa ya kak? Soalnya saya pernah buka di beberapa web kedutaan RI, mereka memang sedang ada open recruitment utk LS gitu.

      4. Iya..background pendidikan dan pengalaman kerja harus dimasukin di CV jadi Kemlu cukuptau kita skill nya dimana.
        Setau saya sejak bberapa tahun yg lalu penerimaan LS semua lewat Kemlu Jakarta, kalaupun ada yg buka di negara perwakilan biasanya untuk LS yg asli warga negara setempat atau udah jadi permanent resident disana. Paling enak si yang ikut Kemlu, SK dan lain2nya lebih jelas hehe..

      5. Yah berarti untuk lulusan fresh grad gitu nggak bisa apply ya kak? Harus berpengalaman dulu kah? Maaf ya kak sering tanya2 terus. Habisnya pengen bgt nyoba gitu kak.

    1. Sorii ya baru buka lagi myfootstories nya… alhamdulillah saya dapat postingan di Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam). Untuk pengalaman selama di Brunei nanti yah tungguin postingan saya selanjutnya hehe…
      Kalo persiapan sebelum ngelamar jadi LS sih yg udah pernah saya ceritain di posting sebelumnya (Seleksi Penerimaan Staff Lokal KBRI/ KJRI Periode II Tahun 2015 – Tahap I), untuk persiapan berangkatnya yang harus paing diperhatiin si pakaian.. beda KBRI/KJRI beda aturan. Kalo disini diharuskan ceweknya pake rok, seminggu 2x pake batik. Jadi, harus banyak2 bawa batik, jangan lupa juga bawa PSL (blazer hitam dan bawahan hitam) untuk acara formal dan baju nasional (kalo cewek kayak kebaya gitu). Sony udah nyoba tes LS nya?

      1. Belum kak hehe sony masih kuliah, kedepannya ingin coba, jadi cari2 tau dulu hehe makasih ya info2 ny kak

    1. Soriii bgt baru baless…. pasti kamu udah tes ya? How’s the result?
      Kalo saran aku sih be yourself aja, make sure kalian ga ngeluarin jawaban childish hehe.. kayak misalnya kalo ditanya mau diposting kemana dan kenapa, trs kali jawab ke Eropa soalnya mau skalian jalan2..nah jawaban kayak gitu bakal jadi poin minus..

  5. Assalamualaikum..
    Maaf mba mau nanya, kalau mau jadi LS biasanya maximal umur berapa? dan minimal IPK brp??
    Oh ya 1 lagi, untuk Surat lamaran nya diketik in english atau bhs indonesia? apa perlu melampirkan essay/tulisan2 pengetahuan umum (apa nama nya..saya lupa)
    Maaf ya mba byk pertanyaan..krn searching di google ga ketemu jwbnnya.. trima ksh byk..

    1. Waalaikumsalam,
      Sori ya baru bales… LS ga ada maksimal deh kayaknya.. kalo IPK juga ga tlalu jadi masalah yg penting lulus di tes2 yang diadain sama Kemlu. Kalo untuk aplikasi aku dulu pake bhs Inggris tapi banyak juga temen2 yg pake bahasa Indonesia.. yg penting semua syarat dokumen dipenuhin sih.. Goodluck ya!!

  6. trims banyak mbak infonya, sya tanya kalau utk lowongan LS itu diadain brp kali ya dalam setahun, dan apakah pada saat seleksi tahap III iterview ny diwajibkan memakai B. ING. itu pemanggilan lewat email kah… matur suwun

    1. LS itu kalo ga salah 2x setaun..tapi kalo banyak perwakilan yang butuh LS bisa sampe 3x setaun. Untuk tahap III biasanya pake bhs Indonesia, tapi akan ada sesi dmana kita diminta mnjawab pake bahasa Inggris untuk ngetes kemampuan bhs Inggris kita. Semua panggilan lewat email, kecuali kita ga bisa dihubungin lewat email kalo org Kemlu nya lagi baik kita bakal di telp 😛

  7. Hallo kak..
    Aku baru aja baca blog kk mengenai staff lokal dari I-III wahh, lucky bgt kak bisa ngalir lancar begituuu >_< Daebak! hehe

    Aku jadi semangat dan PD lagi mau apply ke kemenlu.. soalnya sblm ketemu blog ini aku baca artikel yg agak bikin down.. tp aku jg penasaran sih dg kehidupan kk selanjutnya jd LS… ditunggu cerita selanjtnya yaaa:) thankyuuu

    Ohyaa, aku dari background sastra inggris kira2 nyambung ke LS mana ya kak? hmm

    1. hehe iya seru kok jadi LS selama kita positif aja, ga perlu ngerasa sok2 “terzholimi” atau takut ga sejahtera hidupnya.. karena salary yang kita dapat di tiap negara itu beda2 dan udah disesuaikan dengan biaya hidup di negara2 tsb, dan as far as I know blm ada komplain dari temen2 LS aku di negara lain kok, asal pinter2 ngatur uang pasti masih bisa nabung 😉

      Kalo untuk lulusan kdg ga tlalu ngaruh kok, bisa aja yg lulusan ekonomi tau2 dpt slot di fungsi sosbud.

  8. Kak, ada kewajiban syarat LS itu salah satunya lulusan universitas dalam negeri atau tidak? Boleh nggak kalau kitanya lulusan universitas luar negeri yang ambil program International Affairs? Makasih jawabannya.

  9. Hi kk.. Klo mau apply hrus liat dlu ad lowongan atau kita lngsunv apply aj ke kemlu? Klo hrus liat ad lowongan.. Kita liatnya dmn?? Thanks before^^

  10. Hi Loody, makasih yaa atas saran2nya… Aku Gita dari Jakarta, mau tanya kalau di interview tahap 2 pertanyaannya apa aja kamu masih inget nggak? Terus waktu itu interviewnya pake b. Indonesia atau b. Inggris? Makasi Loody…

    Oh iya… Katanya yang batch 2 tahun 2017 boleh pilih negara2 perwakilan, tapi iya bener banget ujungnya balik lagi tergantung apakah negara perwakilan tsb butuh skill kita atau nggak hihi, jadi sama aja ya…

Leave a comment